Rabu, 11 Maret 2015

Wisata rohani di masjid kotagede



Yogyakarta merupakan tempat dimana kita bisa menemukan berbagai macam benda- benda ataupun bangunan-bangunan sejarah yang masih terawat dan dijaga dan dilestarikan dengan baik. Sebagai bangsa yang baik, kita memang harus selalu menghargai pahlawan dan segala peninggalannya. Karana jika mereka tidak berjuang maka bangsa ini tidak akan pernah ada. Maka penting pula bagi kita untuk mengenalkan sejarah kepada generasi penerus terutama kepada anak-nak kita agar mereka paham jati diri bangsa dan tidak melupakan pahlawannya. Salah satu wisata sejarah namun juga bisa dikatakan sebagai wisata rohani ada masjid kotagede yang treletak di daerah istimewa yogyakarta. Maka jika kita berkunjung ke masjid kotagede di daerah istimewa yogyakarta kita bisa mendapakan informasi sejarah dan juga nilai nilai keagamaan yang cukup.

Masjid kotagede merupakan masjid tua peninggalan mataram. Seperti yang sebagaimana diketahui oleh warga sekitar bahwa kotagede yogyakarta memang merupakan daerah yang menyimpan banyak peninggalan sejarah kerajaan mataram. Banyak diantaranya yang masih terawat dan juga terjaga dengan baik dan juga masih bisa digunakan sebagai mana mestinya. Salah satunya adalah masjid kotagede ini. Masjid ini tepatnya dibangun pada tahun 1640 pada masa pemerintahan sultan agung. Karena pada masa itu warga sekitar masih banyak yang beragam hindu budha maka masjid ini juga bisa dikatakan sebagai bentuk toleransi antar umat beragama yang sangat baik pada masa itu. 

Di sekitar kompleks masjid ada prasasti yang menunjukan bahw masjid kotagede ini dibangun melalui dua tahap pembangunan. Tahap pertama saat masa pemerintahan sultan agung, beliau membangun inti masjid yang lebih kecil yang kemudian disebut sebagai langgar, lalu kemudian di teruskan pembangunan tersebut pada masa paku buwono x. Mengingat masa masa pembangunan masjid ini pada masa hindu budha maka kita akan melihat kombinasi arsitektur islam dan hindu budha dalam bentuk bangunan masjid kotagede ini. Pada masa itu pula, pembangunan mesjid ini juga di bantu dengan sukarela oleh masyarakat sekitar yang umumnya masih menganut agama hidhu budha.

Mengingat pentingnya peranan mesjid ini dalam rangka menjaga sejarah, dan toleransi antar umat beragama, maka kita sebagai generasi penerus harus tetap menjaga dan merawat dan melestarikan masjid ini.

Tertarik berkunjung ke sana namun tidak mengetahui transportasinya? Kini anda tidak perlu risau lagi karena jogja rental mobil menyediakan sewa mobil jogjakarta untuk mengunjungi tempat tersebut. Rental car jogjakarta pilihan tepat dalam menikmati catatan perjalanan wisata di yogyakarta.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar